KumpulBlogger.com adalah situs pay per click (PPC) ala Indonesia yang lebih dikhususkan bagi para pemilik Blog (Blogger). Situs iklan KumpulBlogger sistem kerjanya hampir sama dengan Google Adsense sebagai pelopor dunia iklan di internet. Kami akan me-reviewnya kali ini untuk netter...

Kapan KumpulBlogger berdiri dan hosting dimana?
Dari hasil pengecekan kami, KumpulBlogger berdiri pada tanggal 27 Desember 2007 (informasi dari domain tools) - Sejauh ini terlihat KumpulBlogger cukup diminati oleh para Blogger, dimana total Blogger yang telah tercatat lebih dari 15 ribu orang. Hosting KumpulBlogger ada di Amerika memakai layanan Bluehost Inc.

Siapa pengelola dan alamatnya dimana?
Pengelolanya bernama Kukuh TW dengan alamat di Jl. Tutul 8 no.557, Jakarta (telp. +62.8129893706)
Harga iklan untuk pengiklan (advertiser)
Harga iklan untuk advertiser minimal Rp 500,- untuk iklan text dan mini banner Rp. 700,-. Jumlah Penyangan Iklan/Advertising adalah sebanyak 3 materi, apabila sudah terisi 3 slot Advertising tersebut, maka materi anda akan masuk dalam daftar waiting list, sampai dengan Advertising lain yang sedang dalam masa tayang mencapai batas maksimum pemesanan.

Sebagai contoh, misalkan saat ini ada 3 slot Advertising yang sudah terisi, Advertising A (dengan pemesanan 20 kali unik klik), Advertising B (dengan pemesanan 50 kali unik klik) dan Advertising C (dengan pemesanan 10 kali unik klik), apabila diantara Advertising A,B,C yang sudah mencapai limit jumlah klik, maka Advertising tersebut tidak ditampilkan lagi, sebagai gantinya, materi Anda yang ada dalam urutan waiting list pertama akan muncul menggantikannya.

Harga per klik untuk penerbit iklan (publisher)
Blogger untuk tiap 1 kali klik legal akan mendapatkan Rp. 300, dan untuk mini banner akan mendapatkan Rp. 400. ClickFraud tidak dapat diperhitungkan. Jumlah Klik ditentukan dari Unique IP Address Visitor, Materi Iklan yang pernah diKlik dari IP Address yang sama, tidak akan dihitung. Advertiser dapat melihat report mengenai informasi dari IP Address mana saja sumber Klik berasal.

Format Iklan dan tata letak
Format iklan KumpulBlogger sangat mirip dengan Google Adsense, tapi dirancang lebih sederhana. Sayangnya kita tidak bisa mengatur format iklan, background dan warna. Kita harus mengikuti salah satu dari 5 buah tampilan iklan yang sudah disediakan. Kodenya dalam bentuk Javascript yang singkat, contohnya seperti ini:

Aturan main pendaftaran dan pemasangan iklan
KumpulBlogger menerapkan aturan main yang tidak ketat bila dibanding PPC lainnya. Pendaftaran sama sekali tidak dipersulit seperti Google Adsense yang mesti di-approve segala. Tapi pengiklan tetap harus mematuhi aturan main yang ada.

Pembayaran
Pembayaran baru dilakukan setelah penghasilan anda mencapai minimal 10 ribu rupiah. Saat ini bank yang bisa digunakan adalah BCA . Selain itu KumpulBlogger juga memanfaatkan jasa Paypal. Pembayaran perbulan KumpulBlogger ke publisher saat ini sudah lebih dari jutaan, dengan publisher tertinggi mencapai lebih dari Rp. 2 juta.

Plus minus KumpulBlogger.com
Harus diakui bahwa dibanding PPC Indo lainnya, KumpulBlogger mempunyai banyak kelebihan. Kelebihan yang terutama adalah keleluasan bagi semua blogger untuk bisa mendaftar. Sejauh ini belum ada aturan mesti 'approve' segala. Konsepnya sendiri dibuat sederhana, jadi cukup mudah untuk dimengerti.

Kekurangannya yang utama adalah KumpulBlogger adalah format iklan yang hanya sedikit dan kadang bentuknya susah disesuaikan dengan Blog atau situs. Blogger hanya disediakan 5 buah script dan plus 1 script untuk mini banner. Iklan yang ada memiliki background putih, link warna biru dan tulisan hitam. Tapi untungnya script bisa disesuaikan dengan Blog tertentu yang mengikuti CSS dari Blog yang dipakai.

Kesimpulan
Sejauh ini kami belum pernah melihat ada publisher atau advertiser yang komplain yang tidak sedap di situs mereka tentang KumpulBlogger. Tampaknya pembayaran untuk semua publisher juga lancar-lancar saja selama ini dan tepat waktu. KumpulBlogger juga kelihatan berani keluar modal untuk terus memperbaiki kinerja, server, dan scriptnya (server pernah overload sebelumnya).

Bila ada permasalahan dan hal-hal baru, admin selalu menginformasikan di blog mereka. Sejauh ini PPC KumpulBlogger, kami rasa cukup bisa diterima oleh netter Indonesia, dan kami sarankan sebagai salah satu pilihan PPC yang boleh diperhitungkan.

Sumber: KumpulBlogger.com

3 komentar

  1. Kukuh TW // 26 November 2008 pukul 07.40  

    Terima Kasih banyak untuk Reviewnya, i appreciate a lot :D

  2. Admin // 1 Januari 2009 pukul 12.05  

    kayaknya dah mati tuhh kumpullblogger.com kok iklan dan sitenya ga muncul. emangsih kumpulblogger bagus. soalnya dari sekian banyak ptc yang gw ikutin baru kumpulblogger yang pernah kirim duit ke gw. sayang banget dehh kl kumpulblogger ampe mate

  3. Anonim // 13 April 2014 pukul 12.01  

    sampe sekarang masih bertahan kok kumpulblogernya, namun sayang seribu kali sayang, sekarang iklan iklan yang muncul kebanyakan adalah iklan dewasa, apa gak difilter tuh penerimaan iklannya, asal terima aja